Cara Mark Zuckerberg mendirikan Facebook

  Cara Mark Zuckerberg mendirikan Facebook


Mark Elliot Zuckerberg
14 Mei 1984, White Plains, New York, Amerika Serikat



Berawal dari kegagalan Mark

Awalnya mark memiliki ide untuk membuat buku direktori untuk mahasiswa Harvard secara online dikarenakan pihak universitas tidak membagikan daftar mahasiswa yang juga memuat identitas serta foto mahsiswa kampus tersebut.

Disinilah proyek pertama mark yang Bernama CourseMatch muncul. Tujuan awal dari CourseMatch hanya diperuntukkan kepada teman-teman sekelasnya untuk saling mengenal serta berkomunikasi dengan yang lain. Namun CourseMatch tidak berjalan seperti yang ia harapkan karena terbatas hanya pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah tertentu.

Kemudian dia mencoba untuk membuat Facemash. Facemash pun mendapat sambutan yang baik dari kalangan mahasiswa. Namun ditahun kedua Mark, demi Facemash, ia meretas data mahasiswi Harvard yang kemudian data mereka dimasukkan ke website Facemash. Akibat dari perbuatannya, Mark disidang pihak kampus karena dianggap telah mencuri data mahasiswi yang lain.

Dari kegagalan CourseMatch dan Facemash, Mark menyadari bahwa banyak orang yang membutuhkan website atau jaringan sosial yang bisa menghubungkan mereka dengan yang lain. Akhirnya dengan menggunakan kode-kode CourseMatch dan Facemash, Mark akhirnya berhasil membuat Facebook.

Saat itu, website Facebook, www.the facebook diluncurkan dari kamar asramanya di Harvard pada bulan Februari 2004 bersama dengan temannya yakni Chris Hughes, Eduardo Saverin dan Dustin Moskovitz.


Strategi Mark dalam membesarkan bisnisnya

Cara Mark dalam membesarkan bisnisnya adalah dengan membuat produk yang bermanfaat untuk banyak orang. Dari awal berdirinya, Facebook memang dibuat agar semua orang bisa merasakan manfaatnya untuk berkomunikasi dengan orang lain. Ia juga lebih mencintai passion dibanding uang. Facebook pernah ditawari beberapa perusahan besar se[erti CEO Yahoo, Terry Semel, namun Mark tetap menolak dikarenakan ia mencintai visi misi yang akan dating di masa depan.

Mark mengatakan bahwa Facebook dimulai untuk menghubungkan semua orang agar bisa berkomunikasi dengan lebih efisien. Mark sendiri memiliki sifat yang fleksibel. Ia mau mendengarkan saran dari pengguna Facebook untuk membuat fitur yang berguna bagi pengguna lain. Ia juga mudah untuk beradaptasi, tapi ia juga tidak melupakan tujuan awal dari berdirnya Facebook. Mark memahami dengan baik bagaimana Facebook harus berkembang. 

Produk/Jasa yang dibuat/dijalankan Oleh Mark Zuckerberg

Jenis produk atau jasa yang sudah dibuat oleh Mark adalah aplikasi sosial media yaitu Facebook. Walau begitu, sampai sekarang Facebook masih memiliki pengguna di seluruh dunia. Bahkan, Mark memperluas bisnis produk/jasanya dengan mengakusisi aplikasi Whatsapp dan Instagram.


Kiat sukses Mark dalam menjalankan bisnisnya

1. Ciptakan produk yang berguna bagi banyak orang

Jika ingin sukses dalam bisnis, ciptakan produk yang dapat digunakan banyak orang. Inilah yang dilakukan Zuckerberg dengan Facebook. Bagaimana dia menciptakan sebuah platform yang memungkinkan banyak orang bertemu dan berkomunikasi dengan mudah secara online.

2. Mulai dari hal kecil dan mudah dilakukan

Daripada merencanakan hal besar, tetapi hanya sebatas wacana atau omongan doang alias omdo, lebih baik memulai hal kecil. Itu akan jauh lebih bagus.

3. Mencintai pekerjaan

Hidup tidak selalu tentang uang, begitu juga dengan kesuksesan. Bagi seorang Zuckerberg, melakukan sesuatu yang disukai dan dicintai adalah sesuatu lebih penting dan berharga ketimbang uang.

4. Terbuka pada perubahan dan tidak lupa tujuan awal

Sikap fleksibel menjadi salah satu kunci kesuksesan Zuckerberg dalam mengembangkan Facebook hingga seperti sekarang. Meski fokus pada tujuan awal untuk menghubungkan banyak orang dengan lebih mudah, Facebook juga dikembangkan dari segi bisnis.

5. Tetap fokus meskipun banyak rintangan

Rintangan akan selalu ada dan bisa datang kapan saja, namun semua hal ini tidak menjadi penghalang bagi seorang Zuckerberg. Pantang menyerah dan terus fokus pada tujuan awal, dia selalu memiliki keinginan untuk mengembangkan dan menciptakan sesuatu yang lebih baik lagi pada Facebook.

6. Bergerak cepat dan hilangkan semua kekhawatiran

Dalam perjalanannya, Facebook juga pernah mengalami beberapa kali kegagalan. Namun Zuckerberg tidak berhenti berkarya dan terus berjuang untuk memperbaikinya. Hal ini memungkinkannya menangkap lebih banyak peluang yang bisa membuat Facebook menjadi lebih baik lagi. Perbaikan-perbaikan yang konsisten dan cepat pada akhirnya bisa membuat aplikasi tersebut dikenal masyarakat dunia.


Nama : Ibrahim

Kelas : XI TKJ B

Absen : 11

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi Web Server PNETLab

Konfigurasi Virtual Private Server (VPS)